pendidikan bagi pemakai perpustakaan
Kursus dan program berbasis perpustakaan yang ditujukanpada murid dan gurutentang bagaimanacara
menggunakan perpustakaan, pada hakekatnya merupakan alat pemasaran
paling efektif. Karena alasan inilah, maka sangatlah penting bahwa
kursus danpelatihan semacam
itudidisain sebaik-baiknya sertamempunyai cakupanluas dan seimbang.
Karena program ini memainkanperan utama di perpustakaan, maka sudahlah
tepat memperhatikannya sebagaimana telah diuraikan pada Bab 4. Namun
demikian aspek pemasaran semua jenis pendidikan pemakai, demikian
penting sehingga lebih cocok dibahaspada bab ini.
Pelatihan
yang didisain khusus untuk guru hendaknyamemberikan bimbingan yang
jelas mengenai peran perpustakaan di dalam kegiatan belajar-mengajar
serta bantuan yang tersedia dari stafperpustakaan. Pelatihan semacam ini
hendaknya secara khusus menekankan pelatihan praktis dalam mencari
informasi yang berhubungandengan mata pelajaran yang diajarkan guru.
Melalui pengalaman mereka dalam mencari sumber informasi yang sesuai,
guru akan semakin memiliki pemahaman yang lebih dalammengenaibagaimana
perpustakaan dapat melengkapi tugas kelas serta diintegrasikanke topik
kurikulum.
Seperti
halnya dengan berbagai program di sekolah, bermacam komponen pada
pelatihan bagi murid disampaikan berurutan secara logis untuk
meningkatkankemajuan dan Kesinambungan dalam pembelajaran murid. Hal ini
berarti bahwaketerampilan dan sumberdayainformasi harus diperkenalkan
secara progresifmelaluitahap dan tingkatan.
Pustakawan sekolah mempunyai tanggung jawab utama dalam berbagai program
pendidikan
pemakai, namun harus bekerja sama dengan para guru, dan
mengusahakanagar bermacam komponen mata pelajaran dapat terkait erat
sesuaikurikulum. Guru harus selalu hadir pada saat para murid mengikuti
berbagai program pelatihan perpustakaan dan mereka dapat bertindak
sebagai penasihat serta bekerja sama dengan pustakawan.
Di dalam pendidikan pemakai ada 3 ranahtenaga pendidikan yang perlu diperhatikan:
•pengetahuan
mengenai perpustakaan; apa tujuannya, berbagai jasa yang tersedia,
bagaimana diorganisasisertasumberdayaapa saja yang tersedia
•keterampilan
mencari dan menggunakan informasi,
menggunakanmotivasiuntukmendayagunakanperpustakaan untuk belajar
pembelajaran secara formal maupun informal.
0 komentar — Skip to Comment
Posting Komentar — or Back to Content