Diberdayakan oleh Blogger.

PERPUSTAKAAN

Share this article on :
PEDOMAN
PENYELENGGARAAN
PERPUSTAKAAN DESA
PERPUSTAKAAN NASIONAL RI 1991
Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT)
Pedoman penyelenggaraan perpustakaan desa / Editing puji santoso
1 . Perpustakaan umum - Buku pegangan, pedoman, dsb .

KATA PENGANTAR
Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah perpustakaan masyarakat sebagai
salah satu sarana/media untuk memngkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan
masyarakat pedesaan, yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan
desa/kelurahan .
Fungsi utama Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah sebagai lembaga
layanan bahan pustaka dan infonnasi kepada masyarakat untuk kepentmgan
pendidikan, informasi dan penerangan, rekreasi dan hiburan sehat.
Agar Perpustakaan Desa/Kelurahan dapat melayani masyarakat dengan
sebaik-baiknya, maka perpustakaan perlu dikelola secara profesional menurut
sistem dan ketentuan umum yang berlaku dalam ruang lingkup pengembangan,
pembinaan dan pemberdayaan perpustakaan .
Buku pedoman . ini dimaksudkan untuk memberikan petunjuk atau
pedoman kerja kepada para pengelola perpustakaan di daerah termasuk bagi
perangkat Pemerintah Desa tentang berbagai aspek dan kegiatan yang perlu
dilaksanakan dalam penyelenggaraan, pengembangan, pembinaan dan
pemberdayaan Perpustakaan Desa/Kelurahan .
Kepada Tim penyusun dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam
penyusunan Buku Pedoman ini, kami ucapkan terima kasih.
lampung, Oktober 2000
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa i
SUSUNAN PANITIA TIM PENYUSUNAN
PEDOMAN PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN DESA
Pengarah : Hernandono., 1NLS, MA
Nara Sumber : 1 . Drs. H. Raclunat Natadjumena, Dip, Lib, MA
2 . Drs. Paul Permadi
3 . Drs. Supriyanto
Ketua : Drs. Idris Kamah
Sekretaris : Drs. Dedi Junaedi
Anggota : l . Dra. Retno Hermawati
2. Drs. Upriyadi, SS
3 . Dra. Titik Kismiyati
4. Dra. Babay Jastantri
Editing : puji santoso
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa
DAFTAR ISI
Hal .
KATA PENGANTAR . .... .. .. .. .. .. .. .. . . .. .. .. .. .. .. .. .. .. ... .. .. .. . . .. .. .. ... . ... ... . .. .. ... .. . . . . . .. i
DAFTAR ISI ..... .. .. ... . . . .. .. .. .. .. .. .. .. . . . .. .. ... .. . . .. .. .. ._ .. ... .. . . ... . .... .. .. . ... . . .. .. .. ... . . . . . . . .
DAFITAR GAMBAR . . .... .. .... .. .. . . . ... .. .. .. . . . ... .. .. .. .. ... . . . .. ... .. .. .. . . .. .. .. .. . .. . .. .. .. . . . . .. iv
BAB I PENDAHULUAN . .. .. .. .. .. .. .. .. .. ... .. .. .. .... .. .. ... .. .. .. ... ... .. .. .. . . .. .. .. . . . . .. 1
A. Latar Belakang . . . .. .... .. .. .... .. .. ... .. .. .... .. .. .. ... .. . . . ... . ..... .. ... .. .:. .. . 1
B. Maksud dan Tujuan Buku Pedoman .... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. ... 1
C. Ruang Lingkup dan Sistematika Isi . . . ... .. .. .. .... . . .. .. .. .. .. .. .. .. . . . . 2
BAB II HAKEKAT PERPUSTAKAAN DESA .. .. ... .. . . . .. ... .. .. . . ... .. ... . . . . .. 3
A. Pengertian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . .. . . ..... .. .. .. . ... .. .. .. . . .... .. .. .. . . . . 3
B. Tujuan . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . .. .. .. .... .. .. .. ..... . . . ..... .. .. .. . . .. .. .. .. . . . .. .... . 3
C. Fungsi . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . .. .. .. .. .... .... ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. ... 4
D. Pengurus Perpustakaan/Kelurahan dan Struktur
Organisasinva . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . .. . . . . . . . 5
E . Tugas Perpustakaan dan Tata Kerjanva. . . . . . . . . . . . . . . . .. .. . . . . . 6
BAB III UNSUR-UNSUR UTAMA PADA PERPUSTAKAAN DESA 8
A. Ketenagaan.. .. .. .. . .. .. . . .. .... ..... .. .. .. .. .... . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
B. Anggaran.. .. .. .. .. ... .. .. .. .. . ... ..... .. .. .. .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. 9
C. Gedung dan Perabot . .. .. .... .. .. .. .. ... .. ... . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
D. Koleksi . .... .... . . . .. .. .... .. . . .. .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22
E . Layanan Perpustakaan . . . . . . . . . . . . . .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. 36
BAB IV PEh1BINAAN PERPUSTAKAAN DESA .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. . . .. .. .. . . . . . 42
A. Tujuan Pembinaan .. .. .. .. .. .. .. ... .... .. .. .. .. .. ..... .. .. . . .... .. .. ... . . ...... .. 42
B. Aspek-Aspek Pembinaan ... . . . .. .. ... .. .. .... .. .. .. .. ... .. ..... .. ... . . . .. .. . 42
C. Pembinaan Terpadu Perpustakaan . . . . . . . . . . .. .. .. ..... . . . .. .. .. .. .. .. .. 43
D. Pelaporan .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. .. .. .... .. ....... .. . . . ._..... ... .. .. . 46
BAB V PENUTUP . .. .. . . . .. . . .. .... .. .. .. . . .. .. .. . . . . .. .. .. .. .. .. ..... .. .. . . . ... .. .. .. . . . .. . .. . . . . . 48
LAMPIRAN . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 49
DAFTAR GAMBAR
Hal.
Gambar l. Struktur Organisasi Perpustakaan Desa/Keluarahan ... . ... .. . . . . 5
Gambar 2. Denah Perpustakaan Desa/Keluralian Yang menempati
gedung sendiri . .. ... .. ...... .. ....... .. .... .. .. .. .. ..... .. .... .... .. .. .... .. ..... .. . .. 13
Gambar 3 . Denah Perpustakaan Desa/Kelurahan yang menempati salah
satu mang di Kantor Kelurahan atau Balai Desa .... .. .. .... .. .. .. . 13
Gambar 4. Rak Buku Rendah ... ..... ........ ....... ......... ........ .... .. . .. ..... .... .. .. . .. .. 16
Gambar 5. Rak Buku Satu Muka .. .... .. .. .. ..... .. . .... .. ........ ..... .. .. ..... ......... . . . . 16
Gambar 6. Rak Buku Dua Muka .... .. .......... .. ... .. ..... .. .. .. .. .. ......... ....... .. . . . . .. 17
Gambar 7. Rak Majalah Dengan Papan Rak Landai . .. .. .... ............ .. ..... . . . . 17
Gambar 8. Meja Kerja . .. ................. ............. .... .. ..... ...... .. .. .. .......... .. .. .. . . . . .. 18
Gambar 9. Meja Sirkulasi .. ..... .. .. ._..... ........ .. ........ .. .. ... .. .......... .. ........ .. . . . . .. 18
Gambar 10. Kursi Baca/Kerja ..... .. .. ....... .. ...... .. .. .. ..... .... ...... .. .......... .. .... . .... 19
Gambar 11 . Meja Baca Persegi Paujang .. .. .......... .. .. ...... ...................... .. . . . . 20
Gambar 12. Meja Baca Bundar ............. ............ ...... .. ............ . .... .... ... ..... . . .. 20-
Gambar 13 . Lemari Katalog ....... ...... ............. ...... ..... .. .... .... ........ ........ .. . . . . .. 21
Gambar 14. Lad Katalog .... .. ... .. .. .... ........... ........... .. .. .. .. ............... ....... . . . . . . 21
Gambar 15. Stempel Perpustakaan Desa/Kelurahan .... .. .................. .. .. .. .... 25
A. Latar Belakang
BAB I
PENDAHULUAN
Pembangunan Nasional pada hakekatnya adalah pembangunan manusia
Indonesia seutuhnya dan seluruh masyarakat Indonesia. baik vang berada di
kota-kota maupun yang tinggal di desa-desa. Dalam sistem pemerintahan di
Indonesia desa/kelurahan merupakan unit organisasi pemerintahan yang
terendah. Berdasarkan data yang ada, wilayah Indonesia terbagi menjadi 26
propinsi. 306 Dati 11 (Kabupaten/ Kotamadya). 6.000 Kecamatan. 68.000 Desa
dan 5.864 Kelurahan dengan jumlah penduduk 202 juta jiNva. Dan) juinlah
penduduk tersebut sekitar 60 - 70 % berada di pedesaan. Jumlah penduduk
pedesaan ini merupakan modal dasar pembangunan . Jika penduduk pedesaan
ini dapat dibina dengan sebaik-baiknva . maka diharapkan dapat menjadi
sumber daya manusia vang amat potensial dalam pembangunan.
Dalam hal inilah maka Pemerintah menetapkan kebijaksanaan khususnya
dalam pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan infonnasi bagi
semma masyarakat Indonesia yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan
bangsa serta meningkatkan kemampuan untuk berpartisipasi dalam kegiatan
pembangunan .
Mengingat betapa pentingnya keberadaan perpustakaan di pedesaan sebagai
salah satu sarana/media yang amat efisien dan efektif untuk mendapatkan
infonnasi, maka Perpustakaan Nasional RI sebagai instansi pembina semua
jenis perpustakaan meniandang perlu menyusun Buku Pedoman
Penyelenggaraan Perpustakaan Desa sebagai bahan acuan atau petunjuk
penyelenggaraan Perpustakaan Desa/Kelurahan .
B. Maksud dan Tujuan Buku Pedoman
Tujuan utama dari penyusunan Buku Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan
Desa/Kelurahan adalah untuk memberikan petunjuk atau pedoman kepada para
pelaksana di daerah terutama bagi perangkat Pemerintah Desa/Kelurahan.
tentang berbagai aspek dan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam
penyelenggaraan layanan Perpustakaan Desa/ Kelurahan. Hal ini dimaksudkan
agar tercapai keseragaman dalam pengelolaan dan pelaksanaan layanan
Perpustakaan Desa/Kelurahan.
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
C. Ruang Lingkup dan Sistematika Isi
Buku Pedoman ini terdiri dari 5 (lima) bab. sebagai berikut
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
.o%r%al 0%-Fn [174 G_CA_7
Bab I : Pendahuluan yang meliputi latar belakang masalah,
maksud dan tujuan buku pedoman serta ruang lingkup
dan sistentatika isi.
Bab II : Hakekat Perpustakaan Desa yang menguraikan
mengenai pengertian Perpustakaan Desa. tujuan
Perpustakaan Desa. fungsi Perpustakaan desa serta
organisasi dan tata kerja Perpustakaan Desa.
Bab III : Unsur-unsur Utama pada Perpustakaan Desa yang
berisi tentang ketenagaan, anggaran, gedung. perabot,
koleksi dan layanan Perpustakaan Desa. .
Bab IV : Menguraikan mengenai Pembinaan Perpustakaan
Desa yang meliputi tujuan pembnaam aspek-aspek
pembinaan. pembinaan terpadu Perpustakaan Desa
dan pelaporan Perpustakaan Desa.
Bab V : Penutup.
A. Pengertian
BAB II
HAKIKAT PERPUSTAKAAN DESA
Dalam sistem pemerintahan di Indonesia pada saat ini terdapat unit organisasi
pemerintahan yang terendah yaitu desa dan kelurahan . Pengertian kedua istilah
ini lama saja yang berbeda adalah bahwa istilah Desa terdapat pada kabupaten
sedangkan istilah kelurahan terdapat pada kola.
Selanjutnya dengan keluarnya Instruksi Mendagri No. 28 Tahun 1984 tanggal
23 Juli 1984 tentang Perpustakaan Desa/Kelurahan makajenis perpustakaan ini
perlu dibangun dan dikembangkan . Berdasarkan data yang ada menunjukkan
bahwa dari jumlah desa yang terdapat di seluruh Indonesia (lebih dari 73.000
unit) belum sampai 10 % diantaranya memilild perpustakaan desa karena itulah
maka salah satu alasan diterbitkannya buku pedoman ini adalah agar
pemerintah daerah dapat membangun dan mengembangkan perpustakaan
desa/kelurahan dengan berpedoman pada buku ini .
Adapun pengertian Perpustakaan desa/Kelurahan dalam buku pedoman ini
adalah "Perpustakaan Rakyat sebagai salah satu aspek dari pada urusan
pendidikan masyarakat sebagaimana dimaksud dalam undang-undang Nomor
24 Tahun 1956 (LN Nomor 64 Tahun 1956) Juncto Peraturan Pemerintah
Nomor 65 Tahun 1951 (LN Nomor 110 Tahun 1951) sebagai urusan
Pemerintah Pusat yang telah diserahkan kepada daeraW' .
B. Tujuan
Salah satu media/sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat desa/ kelurahan adalah
perpustakaan, oleh karena itu maka secara umum tujuan penyelenggaraan
Perpustakaan DesalKelurahan adalah
1 . Untuk menunjang program wajib belajar
2. Menunjang program kegiatan pendidikan seumur hidup bagi masyarakat
3. Menyediakan buku-buku pengetahuan. maupun keterampilan untuk
mendukung keberhasilan kegiatan masyarakat diberbagai bidang_
misalnva :
" Pertanian (yang produktif)
" Perikanan, peternakan, perindustrian
" pengolahan. pemasaran dan lain-lain
Pedonian Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 3
4. Menggalakkan minat baca masyarakat dengan memanfaatkan tvaktu litang
untuk inembaca agar tercipta masyarakat kreatif. dinamis . produktif clan
mandiri
5. Mern-impan clan mendayagunakan berbagai dokumen kebudavaan sebagai
sumber infomiasi, penerangan. perubangunan clan menambah waNvasan
pengetalruan masyarakat pedesaan.
6. Memberikan semangat clan hiburan yang sehal dalam pemanfaatan waktu
senggang dengan hal-hal yang bersifat membangwi.
7. Mendidik masyarakat untuk memelihara clan memanfaatkan bahan pustaka
secara tepat guna clan berhasil guna.
Dalam hal penyelenggaraannva. setiap desa/kelurahan, sevogyanya dapat
berperan sebagai benkut
1 . Menumbuhkan . membina clan mengembangkan prakarsa clan swadaya
masyarakat desa/kelurahan di bidang perpustakaan;
2. Menampung, mengarahkan clan menyalurkan prakarsa sNvadaya
masyarakat desa/kelurahan tersebut dalam penvujudan/pelaksanaan
penyelenggaaan perpustakaan desa/kelurahan dengan saling berperan
serta sesuai kedudukan, tugas clan fungsi rnasing-masing.
Adapun penanggungjawab pelaksanaan perpustakaan desa/kelurahan yaitu
1. Kepala Desa/Kelurahan secam fungsional adalah penanggwig jawab
pelaksana penyelenggaraan perpustakaan desa/keluahan .
2. Pelaksana kegiatan sehari-hari atas perpustakaan desa/kelurahan dilakukan
oleh pengurus perpustakaan desa/kelurahan .
3. Dalarn melaksanakan tugasnya pengurus perpustakaan desa/kelurahan
menyampaikan laporan clan bertanggung jawab kepada kepala
desa/kelurahan .
C. Fungsi
Tugas pokok Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah melayani masyarakat
dengan menyediakan bahan pustaka/bacaan yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat yang dilayani.
Adapun fungsi Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah sebagai beikut
1 . MengumpulkaA mengorganisasikan clan mendayagunakan bahan pustaka
tercetak maupm terekam.
2. Mensosialisasikan manfaatjasa perpustakaan.
3 . Mendekatkan buku clan bahan pustaka lamnya kepada masvarakat.
4. Menyediakan Perpustakaan Desa/Kelurahan sebagai pusat komunikasi clan
informasi .
5. Menyediakan Perpustakaan Desa/Kelurahan sebagai tempat rekreasi
dengan menyediakan bacaan hiburan sehat.
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
D. Pengurus Perpustakaan desa/Kelurahann dan Struktur Organisasinva
Adapun suswian keanggotaan pengurus perpustakaan desa/kelurahan sebagai
berikut
a. Seksi Agama
b. Seksi Penerangan
c. Seksi Pemuda
d. Seksi Kesejahteraan Sosial
e. Seksi-Seksi Lainnya pada LKMD
Sebagai catatan tambaham walaupun telah ditetapkan
sebagaimana disebutkan di atas, namun kepengurusan
dapat pula disusun berdasarkan susunan organisasi
Desa/Keluralian dan Kelembagaan Desa setempat, dengan tetap
mengikutsertakan masvarakat desa/kelurahan sebagai anggota perpustakaan
desa/kelurahan masing-masing .
susunan pengurus
Perpustakaan Desa
Pemerintahan
Dengan susunan kepengurusan seperti disebutkan diatas, maka struktur/bagan
organisasim-a akan berbentuk sebagai berikut
Gambar 1
Stnuktur Organisasi Perpustakaan Desa/Kelurahan
Pedomran Peaavelenggaraan Perpustak-cum Desa
1 . Penanggwigjawab Kepala Desa/Kelurahan
2 . Ketua Penvelenggara Ketua LKMD
3 . Wakil Ketua Ketua Seksi Pendidikan dan
Kebudayaan P4 pada LKMD
4. Penulis Ketua Seksi PKK pada LKMD
Anggota-anggota
E. Tugas Perpustakaan clan Tata Kerjanya
" Kepala Desa/kelurahan sebagai penang~ung ja%vab terselenggaranya
Perpustakaan Desa adalah bertanggung jawab ntendirikan, mengolali clan
rnemajukan perpustakaan .
" Ketua clan wakil ketua bertanggung jawab atas kegiatan teknis clan
administrasi pengelolaan perpustakaan_ ketua clan wakil ketua iitilah yang
ntenyusun konsep perencatutan (Program Kerja) yang biasanya disusun
pads awal tahun anggaran.
" Dari program kerja tersebut. kentudian dievaluasi pelaksanaamiya dart
terakltir menyusun laporan kegiatan tahunan . .
" Adapun tugas Sekretariat adalah melaksanakan kegiatan administrasi.
surat menvurat_ persiapan perlengkapan pembelian bahan pustaka .
penyediaan kartu-kartu mituk mernproses bahan pustaka maupun
perlengkapan lairmya dalarn melaksanakan jasa lavanan .
Tugas anggota-anggota dalam kepengurusan perpustakaan desa adalah terdapat
pada sektor pengolaltan clan lavanan . Jumlali anggota yang dibutuhkan adalah
tergantmig dari volume kerja pada perpustakaan tersebut. Bilantana koleksi
perpustakaan sudah besar (banyak) clan bervariasi biasanya pengunjung atau
pemakaipwt akan banyak pula, dengan demikian tenaga pengelolanyapurt
mungkin akan ditambah juga. Selanjutnya jumlah tenaga yang dibutuhkan
akan sangat tergantung pada jtunlah koleksi serta jumlah yang hams dilayani
pada saat lavanan dibuka.
Dalant lampiran Instruksi Mendagri yang telalt beberapa kali disebutkan
dimuka menetapkan tugas pengunts Perpustakaan Desa/Kelurahan sebagai
berikut
" Menghimpun- mendayagunakan- membina clan memeliltara secara
permanen baltan-bahan yang terkumpul dalarn perpustakaan yang berupa
buku-buku, majalah-majalah. brosur-brosur. manual-manual clan
sebagainya untuk kepentingan masyarakat:
" Mengolali dalam arti mengelola bahan-bahan dimaksud dengan suatu
sistem, prosedur clan ntekanisme yang antar alain meliputi kegiatankegiatan
katalogisasi, klasifikasi, pencatatan pengkodean clan berbagai
jenis kegiatan perpustakaan laimtya sampai kepada melavatti pemitijaman
kepada yang memerlukannya .
" Menvebarkan kentbali. dalarn arti melavani masyarakat sesuai dengan
keperluannya terlutdap perpustakaan, membantu pula penyelidik clan para
peneliti dalam ntencari penemuan-penetnuan baru_ serta membantu para
pelajar, siswa clan maltasiswa yang berkepentingan terhadap perpustakaan
desa/kelurahan :
" Mentbantu penterintah desa/kelurahan dalarn niemas-varakatkan P4 dart
tugas-tugas lain yang sesuai dengan fungsi serta peranan perpustakaan.
Pedoman PenvelengQaraan Perpustakaan Desa
Selanjutnya tata kerja perpustakaan desa/kelurahan pada pokoknya ditetapkan
sebagai berikut
" Penanggung javvab perpustakaan desa/kelurahan adalah kepala
desa/kelurahan (lihat susunan organisasi di atas).
" Kepala desa/kelurahan sebagai penanggwig jawab perpustakaan
desa/kelurahan wajib selalu berkonsultasi dengan camat sebagai pembina
umum perpustakaan desa/kelurahan, instansi-instansi teknis, dinas-dinas
dan lembaga-lembaga Non Departemen khususnya Perpustakaan Nasional
Provinsi .
Dalam memajukan dan mengelola perpustakaan desa/kelurahan kepala desa/
kelurahan harus selalu mengadakan koordinasi dengan pengurus perpustakaan
desa/kelurahan- Hubungan koordnasi dalam arti saling menunjang melengkapi
dan isi mengisi juga dilaksanakan antara sesama perpustakaan desa/kelurahan.
Dalam menentukan kebijaksanaan pengembangan dan sistem penyelenggaraan
perpustakaan desa/kelurahan, kepala desa/kelurahan melakukan koordinasi
dengan LKMD, LD, PKK dan lembaga-lembaga desa/kelurahan lainnya .
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa 7
A. Ketenagaan
BAB III ,
UNSUR-UNSUR UTAMA PADA PERPUSTAKAAN DESA
Keberhasilan suatu Perpustakaan Desa/Keluraltan dapat diukur berdasarkan
pada tinggi rendalm_ya kentampuan perpustakaan tersebut dalam melaksanakan
fungsinva sebagai pusat kegiatan belajar mandiri serta pusat pelayanan
informasi dan rekreasi bagi masyarakat.
Perpustakaan Desa/Kelurahan sebagai suatu lembaga pendidikan non formal
dan sebagai sarana penwijang pendidikan formal.
Sesuai dengan tujuan dan fungsi Perpustakaan Desa/Kelurahan rang cukup
strategis. maka persvamtan-persvaratan yang dittmtut untuk petugas
Perpustakaan Desa adalah sebagai berikut
1 . Persyaratan Mental
Seorang petugas perpustakaan harus memptutyai jiwa mengabdi terhadap
kepentingan masvarakat. menaruh perhatian yang besar terhadap hal-hal
ang ada kaitannva dengan penmbinaan perpustakaan dan minat baca.
2. Persvaratan Pengetahuan
Hal-hal umum Nang se%ogyanva diketahui dan kadangkadang mwigkin
harus dipelajari secara mendalam. adalah hal-hal rang mem-angkut
ntasyarakat setempat yang dilavani antara lain. tentang mata pencaharian
pokok masx-arakat . tentang kegemaran dan penggunaan waktu senggang
mereka. mengenal tokoh-tokoh masyarakat dan penganth mereka.
mengetahui dunia bacaan dan penerbitan pada umunutva dll .
Tcknik-teknik penvelenggaraan Perpustakaan Desa/Kelurahan yang
meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut
a. Menata gedwig/ruang perpustakaan_ antara lain dengan cars mengatur
letak rak-rak buku. lemari katalog. meja baca. serta perlengkapan
lainn-va .
b. Mengembangkan koleksi baik melalui pembelian. hadiah_ tukar
menukar dan lain-lain .
c. lengolah bahan pustaka, (katalogisasi. klasifikasi pemasangan label,
kantong_ dll) dan mengatur bahan pustaka tersebut di rak (sehingga
buku-buku selalu dalam keadaan " siap pakai')
d. Mcmberikan bimbingan kepada masyarakat. antara lain cara-cara
administrasi peminjaman. bimbingan terhadap pembaca serta
pelayanan infonuasi lainm a .
Pedontan Penvelengearaan Perpustakaan Desa
Pada garis besamya, dapat dibedakan dua kelompok kerja dalam suatu
Perpustakaan Desa/Kelurahan yakni
1. Pekerjaan yang bersifat teknis perpustakaan, seperti ; pemilihan bahan
pustaka dalam rangka pengembangan koleksi, pengolahan bahan pustaka
dalam rangka penyelenggaraan layanan sebaik-baiknya .
2. Pekerjaan non teknis perpustakaan, seperti ; administrasi pengadaan/
pembelian bahan, administrasi keanggotaan, suaat-menyurat dan
sebagainya.
Mengingat tugas dan fungsi Perpustakaan Desa/Kelurahan yang cukuP
strategis, maka seorang Kepala Perpustakaan Desa/Kelumhan seyogyanya
memilild persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut
Pendidikan Umum nummal SLTA plus ijazah Diklat/Kursus di bidang
Perpustakaan sekurang-kurangnya 700 jam.
B. Anggaran
Anggaran perpustakaan desa seyogyanya dianggarkan secara teratur dan
terprogram dan dimasukan dalam program pembangunan desa/kelurahan. Hal
ini dimaksudkan agar operasional layanan perpustakaan dapat berjalan dengan
baik dan lancar.
Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan besar kecilnya anggaran
perpustakaan dapat ditentukan atas pertimbangan berbagai faktor antara lain
1 . Besar perpustakaan dalam arti luas ruangan, jumlah koleksi, pemakai, staf,
skala layanan perpustakaan .
2 . Jenis jasa perpustakaan .
3. Kelompok dan jumlah pemakai yang dilayam .
4 . Jangkauan waktu. (biasanya 1 tahun) .
Adapun sumber dana/pembiayaan Perpustakaan Desa/Kelurahan sesuai dengan
lnstruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 28 Tahun 1984 Tentang Pelaksanaan
Penyelenggaraan Perpustakaan desa/Kelurahan adalah berasal dari
1 . Swadaya masyarakat desa/kelurahan .
2. Bantuan pemerintah (APBD/APBN).
3. Lain-lain yang sah dan tidak mengikat .
C. Gedung dan Perabot
1 . Syarat-syarat Ruangan
Perpustakaan Desa/Kelurahan, seyogyanya terletak dalam satu gedung
dengan Kantor Desa/Kelurahan atau terletak di tempat yang berdekatan
Pedoman Penyelenggaran Perpustakaan Desa 9
dengan gedung Kantor Desa/Kelurahan dan mudah dicapai dari berbagai
arah.
Di dalam INN1ENDAGRI No. 28 Tahun 1984 dijelaskan bahwa
penyediaan tempat/ruangan dapat dilakukan dengan
a. Menggunakan Balai Desa/Kelurahan atau Kantor LKMD.
b. Mengusahakan tempat/ruangan lain yang dianggap cukup memadai
dan representatif.
Bila memungkinkan membangun gedung permanen yang dananya
berasal dari hasil swadaya masvarakat atau bantuan lain untuk
menyelenggarakan perpustakaan~ Desa/Kelurahan . maka dalam
membangun gedung tersebut hendaknya memperhatikan faktor-faktor
sebagai berikut
" Gedung(Ruang perpustakaan hendaknya memenuhi kriteria yang
bersifat telaiis untuk memudahkan kelancaran tugas-tugas
perpustakaan
" Tentang sirkulasi udara usahakan agar sirkulasi udara di
perpustakaan berjalan baik, hal ini menyangkut pengaturan
ventilasi . Penggunaan kipas angin (apabila diperlukan) agar
diatur sedemikian rupa, sehingga udara dapat bergerak search,
gunanya tidak saja menambah kenyamanan niangan. tetapi juga
dapat membantu ketahanan tubuh agar dapat bertahan lama
dalam ruang perpustakaan demikian juga bahan-bahan pustaka
dapat tahan lama dan terhindari dari debu, karena dengan
sirkulasi udara tersebut kemungkinan tegadinya proses
penjamuran buku dapat dihindari.
" Hindari cahaya langsung dari matahari, karena dapat
mempercepat kerusakan buku-buku dan jugs alai-alat/
perlengkapan perpustakaan lainnya serta mengganggu
kenyamanan membaca.
" Lantai niang perpustakaan agar diusahakan tidak menimbulkan
bunyi yang dapat mengganggu konsentrasi orang yang sedang
membaca. Jika keuangan memungldnkan lantai dilapisi karpet.
Persyaratan ini dikhususkan bagi perpustakaan yang ada di kotakota
besar.
" Dinding perpustakaan hendaknya menyerap bunyi di samping itu
warna cat dinding hendaknya tidak memantulkan cahava tetapi
sebaliknya yang menyerap cahaya. (khusus bagi perpustakaan
kelurahan yang terdapat di kota).
" Langit-langit niang perpustakaan jangan terlalu rendah (minimal
3 meter)
2. Ruang Perpustakaan
Untuk dapat mewujudkan kelancaran kerja setiap perpustakaan, termasuk
Perpustakaan Desa/Kelurahan diperlukan ruangan yang cukup luas dan
10 Pedoman PenvelenWaraan Perpustakaan Desa
memadai . Namim demikian bila ruangan yang disediakan kurang memadai
atau hanya menggmiakan salah satu ruang Balai Desa/Kelurahan atau
kantor LKMD, maka petugas/pengelola perpustakaan ham dapat
mengatur/menata ruangan sedemikian rupa sehingga penyelenggaraan
Perpustakaan Desa/Kelurahan tidak terganggu. Kalau menmngkinkan
ruangan yang disediakan yaitu
a. Ruang Kerja (Pengolahan dan Pelayanan Administrasi)
Ruang kerja ini dipergunakan untuk melakukan berbagai kegiatan
persiapan pelayanan seperti pengadaan, pengolahan, perbaikan buku
dll .
b. Ruang Pelavanan.
Ruang Pelayanan terdiri dari tempat koleksi (rak-rak buku, majalah,
surat kabar), layanan sirkulasi, tempat baca dll.
Apabila niangan yang disediakan untuk Perpustakaan Desa/Kelurahan
cukup luas atau menempati gedung sendiri yang permanen, maka
dianjurkan nmembagi ruangan menjadi 3 (tiga) yaitu
a. Ruang Kerja (Pengolahan dan Pelayanan Administrasi)
Ruang kerja ini dipergunakan mituk melakukan berbagai kegiatan
persiapan pelayanan seperti pemilihan bahan pustaka, administrasi
pemesanan, penerirnaan bahan-bahan pustaka, penyimparwi bahanbahan
pustaka yang belum diolah, pengolahan bahan-bahan pustaka .
penjilidan bahan-bahan pustaka, perbaikan buku-buku, serta
pengaciministrasian bahan bacaan. Tennasuk ruang pimpinan.
b. Ruang Layanan
Ruang layanan terdiri dari beberapa bagian seperti
" Ruang Koleksi
Dalam ruang ini buku-buku dan bahan-bahan pustaka lainnya
dikumpulkan, digolong-golongkan menurut penggolongan
persepuluhan DDC, disusun di rak, diurut dan dimulai dari angka
terendah (000=karya umum) sampai dengan angka' tertinggi
(900=sejarah d11) untuk buku fiksi (yang berkode F pada nomor
panggilan) ditempatkan pada rak sesudah "900" sedangkan untuk
koleksi majalah dan koran ditempatkan pada rak tersendiri
(majalah disusun menurut abjad judul majalah, sedang surat
kabar ditempatkan pada gantungan surat kabar) . Dianjurkan
untuk majalah dan surat kabar yang belum dijilid ditempatkan
pada nrang baca. Sebaiknya perpustakaan desa menggunakan
sistem layanan terbuka dalam arti para pemakai jasa perpustakaan
dapat memasuki ruangan ini dan mencari sendiri bahan bacaan
yang diminati .
Pedonzan Penvelenggaraan Perpustakaan Desa I1
" Ruang baca
Ruang liaca hendalarva berdekatan dengan ruang koleksi. Di
perpustakaan yang menggunakan sistem lavanan terbuka, kedua
ruang itu hendaknya menjadi satu ruangan saja atau setidaktidaknva
pintu masuk antara kedua ruang ini dibuka (tidak ada
penghalang) dengan demikian pembaca dapat dengan leluasa
untuk mencari dan mendapatkan bahan bacaan yang
dibutuhkamva. Meja dan kursi diatur sedemikian rupa sehingga
menjamin keleluasaan bergerak- pengemmatan waktu,
ketenangam ketentraman dan kenyamanan.
" Ruang Sirkulasi/Peminjaman
Ruang sirkulasi sebaiknva terletak dekat pintu masuk. Ruang
sirkulasi dengan ruang koleksi dan ruang baca tidak dipisahkan
dengan penyekat. Dengan kata lain ruang koleksi, ruang baca dan
ruang pelayanai sirkulasi berada dalam satu ruang.
Dalam ruang sirkulasi (peminjaman) ddakukan kegiatan-kegiatan
sebagai berikut
a. Melayani permintaan menjadi anggota perpustakaan
b. Pendaftaran anggota
c. Melavani peminjanan buku dan bahan-bahan lain
d. Menerima pengembalian buku-buku yang dipinjam
e. Melayani pertanyaan-pertanyaan yang sifatnva unmm
f. Mengawasi para pengunjung yang keluar dai masuk ruang
baca.
g. Melayani photo copy
" Ruang-ruang lain.
Jika perpustakaan Desa/Kelurahan mempunyai rumng yang luas.
maka sebaiknya terdapat juga ruangan khusus untuk anak-analc
ruang ceramah dan ruang yang dapat digunakan untuk kegiatankegiatan
lain.
c. Kamar kecil/WC
Kamar keciVWC diperlukan untuk dapat digunakan baik oleh petugas
perpustakaan maupun oleh pengunjung/pemakai perpustakaan .
Namun demikian penempatannya agar diatur sedemikian rupa
sehingga tidak mengganggu kenyamanan ruangan lain.
12 Pedoman PenveleiWaraan Perpustakaan Desa
Ruang Kerja
IPapan
Pengumuman
p
Catatan
Ruang Koleksi . Ruang Baca dan Ruang Pelayanan Sirkulasi
berada dalam satu ruangan
Gambar 2
(Denali Perpustakaan Desa/Kelurahan
yang menempati gedung tersendiri)
Katalog
a
0'
Me
la
Sir
ku
lasi
00
00
00
Ruang
Penitipan 0a
00
Ruang Baca Koleksi
Rak Buku
U
Gambar 3
(Denali Perpustakaan Desa/Kelurahan Sang menempati
salah satu ruang di Kantor Kelurahan atau Balai Desa)
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 13
Adapwi ideal bangunan gedung Perpustakaan Desa/Kelurahan adalali (8 x
15 m2 = 120 m2) dengan luas tanah keseluruhan f 200 m2 vang terdiri
da.
b.
3 . Perabot dan Perlengkapan
Jenis perabot atau perlengkapan yang diperlukan masing-niasing ruangan
adalah sebagai berikut
a. Ruang Kerja (Pengolahan dan Pelayanan adnunistrasi)
Perabot dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah
" Meja/kursi kerja;
" Meja panjang untuk menvimpan buku yang sedang dalam
pemrosesan:
" Mesin ketik/komputer
" Lemari:
" Rak buku:
" Alat penekan buku:
" Kipas angin
" Alat penjilidan:
" Kartu blanko,
" Alat-alat kelengkapan bahan pustaka :
" Buku induk bahan pustaka:
" Kartu majalah
" Kartu surat kabar
" Cap/stempel:
" Gunting:
" Stepler:
" Dll
b. Ruang Pelayanan (mang koleksi, nuang baca, mang
sirkulasi/peminjaman dan ruang-ruang lain)
" Ruang Koleksi
Perabot dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah
" Rak buku
" Rak majalah
Kipas angin
" Rak kaset
14 Pedoman Penvelen&Qaraan Perpustakaan Desa
a i:
Ruang Kerja (Pengolahan dan Pelayanan Administrasi) 20 m2
Ruang Pelayanan yang terdiri dari
" Ruang ~,oleksi 30 m2
" Ruang Baca 30 m2
" Ruang Sirkulasi/Peminjaman 15 m2
" Ruan -ruang lain 25 n12
Total 120 m2
" Ruang Baca
Perabot dan perlengkapan rang dibutuhkan adalah
Meja/kursi Baca
Jam dinding
" Gantungan surat khabar
" Kartu/rak brosur
" kipas angin
" Ruang Sirkulasi/Peminjaman
Perabot dan perlengkapan yang dibutulikan adalah
" Meja/kursi sirkulasi (termasuk kotak-kotak untuk kartu-kartu
buku dan kartu pinjam)
" Lentari katakog
Lemari penitipan barang
Papan pengumuman
Kartu saran
kipas angin
" Ruang-ruang lain
Ruang ini diadakan apabila kondisi perpustakaan memungkinkan
antara lain
Ruang kliusus anak-anak
Perabot dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah
" Meja/kursi anak
" Karpet dan bantalan duduk
" Rak buku anak
" Jam dinding
" Poster dutding atau alat penghias lairmya
Ruang perternuan
Perabot dan perlengkapan yang dibutuhkan adalah
" Meja/kursi
" Papan tulis
" kipas angin
" Jam dinding
Dalam pelaksanaannya penggiutaan perabot atau perlengkapan
disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan perpustakaan yang
bersangkutan.
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 1S
":" Ukuran Rak Buku Rendah
Tinggi : 130 Cm terdiri dari 4 papan rak (pam-para)
Lebar : 100 Cm
Dalam : 20 - 21 Cin
ul
Gambar
(Rak Buku Satu Muka)
Gambar -1
(Rak Buku Rcndali)
Ukuran Rak Satu Muka
Tinggi : 185 Cm terdiri dari 6 papan rak (para-para)
Lebar : 100 C111
Dalam : 22 - 24 Cm
Tebal papan : 2.5 Cm clan tcbal papan rak paling bawah 10 Cm
16 Pedoman PenyelenKgaraan Perpustakaan Desa
Gambar 6
(Rak Buku Dua Muka)
Gambar 7
(Rak Majalah dengan papan rak landai)
":" Ukuran Rak Dua Muka
Tinggi : 185 Cm terdiri dari 6 papan rak (para-para)
Lebar : 100 Cm
Dalam : 40 Cm
Ukuran Rak Ma,'laah dcn;an papan r k landai
Tinggi : 170 Cm terdiri dari -1 papan rak (para-para)
Lebar : 200 Cm
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 1 7
Gambar 8
(Meja Kcrja)
Ukuran Meja Kcrja
Tinggi : 75 Cm
Lcbar : 115 Cm
Dalam : 70 Cm dan tcbal papan 2 Cm
Dilcngkapi dengan laci. Icbar 40 - -l5 Cm.
Gambar 9
(Meja Sirkulasi)
Ukuran Meja Sirkulasi
" Tingy : 75 Cm
Lebar : 70 Cm
Dalam : 70 Cm
dilcngkapi dengan laci.
7s
1R Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
Ukuran Kursi Baca/Kcrja
Tinggi Kesclunilian : 75 Cm
Tempat duduk tinggi : 45 Cm
Lebar :45 Cm
Dalam :45 Cm
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
Gambar 10
(Kursi Baca/Kcrja)
":" Ukuran Meja Baca Persegi Panjang
Tinggi
Lebar
Dalam
120
Ciambar 12
(Meja Baca Bundar)
2s
Gambar 11
(Meja Baca Persegi Panjang)
75 Cm
230 On withik 6 omng dan 115 Cm wituk 4 orang
100 Cm
15
":" Ukuran Meja Baca Bundar
Tinggi : 75 Cm terdiri dari 4 papan rak (pam-lrara)
Lebar : 120 Cm (garis tengah) wituk 6 orang
20 Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
Gambar 14
(Laci Katalog)
Ukuran Laci Katalog
Panjang : 40 Cm
Lcbar : 15 Cm
Dalam 5.5 Cm
Tinggi Lad : 10_5 Ctn
Tcbal papan : I Cm
Gambar 13
(Lcmari Katalog)
Ukuran Lcmari Katalog
Tinggi : 1-40 Cm tcrmasuk kakinya
Lebar : 72 Cm
Dalam : -45 Cm dan tebal paten 2 Cm
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 21
D. KOLEKSI
Catatan tambahan
Gambar perabot dan perlertgkapan di atas dimaksudkan sebagai contoh
vang ideal. Didalam praktekai'ya hal ini sattgat tergantung don kondisi
dan ketnampuan perpustakaan rang bersangkutan. Dalam memilih bahan
dianjurkan wituk mentilih bahan vang tersedia di daerah teasing-musing.
Dilihat dari bentuknya. koleksi Pepustakaan Desa/Kelurahan meliputi
1 . Buku (fiksi dan non fiksi) buku referensi (seperti kamus. ensiklopedia,
almanak. buku pegangan, bibliografi . indeks. abstrak peta dan
sebagainya) .
2. Penerbitan pemerintah (pusat dan daerah), seperti himpunan peraturanperaturan
pemerintah dan sebagainya.
3. Surat kabar
-1. Majalak baik yang umwn maupun yang khusus
5 . Karya alilimi bentuk seperti film, slide_ piringan hitam dan sebagainva.
Perpustakaan Desa/Kelurahan yang baru didirikan diharapkan mempunyai
koleksi dasar sekurang-kurangnya 1000 judul (2500 eksemplar). Adapun
komposisi jenis koleksi yang dimiliki Perpustakaan Desa/Kelu ahan
seyogyanya adalah dengan perbandingan non fiksi 60% dan fiksi 40%. Dengan
prosentase non fiksi lebih besar. dimaksudkan agar masyarakat pemakai
(Pedesaan) dapat memperluas pengetahuan umwn clan keterampilan yang
diperlukan dalam kegiatan sehari-hari . Upayakan ilmu pengetahuan praktis 60
- 70 % dari total buku-buku non fiksi. perhatikan dan utamakan buku-buku
vang dapat menunjang pekerjaan pokok masyarakat setempat sehingga dengan
berpedoman pada buku-buku praktis tersebut penghasilatmya dapat bertambah.
Sedangkan untuk menggairahkan minat baca masyarakat dan sekaligus sebagai
sarana rekreasi, maka Perpustakaan Desa/Kelurahan dihampkan dilengkapi
dengan koleksi buku fiksi (buku cerita) yang seyogyanya dapat membuka
ivawasan dan memperlhalus budi pekerti seperti ; buku cerita, buku ilmu
pengetahuan populer. buku-buku sejarah, kisah-kisah nabi dan lain-lain .
PENGADAAN KOLEKSI
Dalanm pengadaan koleksi harus memperhatikan kebutuhan masyarakat
pemakai jasa perpustakaan serta tujuan clan misi yang diemban perpustakaan .
Perpustakaan Desa/Kelurahan melayani segala lapisan dan golongan
masyarakat yang beraneka ragam. Oleh karena itu pengadaan koleksi harus
memperhatikan keanekaragaman tersebut (politik, ekononti, sosial, budaya dan
keamanan setempat) .
Tentang pengadaan koleksi dapat dilakukan melalui pembelian. pertukaram
hadiah atau sumbangan maupwi titipan .
Pecloman PenvelenKQaraan Perpustakaan Desa
Adapun langkah-langkah dalann pengadaan koleksi mencakup tiga kegiatan
yaitu
I . Perniflnan balnan pustaka/koleksi
Penentuan nmateri, bidang dan jenis koleksi bagi Perpustakaan Desa
hendaknya didasarkan pada tujuan dan mini yang ingin dicapai oleh
Perpustakaan serta kebutuhan dan tingkat kennampuan nnembaca
nnasyarakat yang dilayani . Selanjutnya faktor-faktor yang menjadi
pertimbangan dalam pemilihan balnan pustaka ialah faktor-faktor ekonomi.
sosial budaya, tingkat pendidikan, usia pennakai perpustakaan dan jenis
bacaan (fiksi, non fiksi), majalah, surat kabar, dll .
Biasanva seorang pustakawan atau suatu tim pemilihan balnan pustaka
tidak akan mampu menguasai seluruh penerbitan dari berbagai cabang
ilmu pengetahuan yang berkennbang pesat. Untuk itu diperlukan alat bantu
seleksi agar pennilihan bahan pustaka dapat dikerjakan dengan sebaikbaikinva.
Alat bantu seleksi dimaksud antara lain
" Daftar buku dari penerbit
" Man surat kabar dan majalah
" Berita bibliografi
" Daftar Buku IKAPI
" Alat-alat bantu seleksi lainnya seperti, katalog penerbit, dan
sebagainya.
2 . Pemesanan
Bilamana suatu Perpustakaan bernnnaksud menambah jumlah koleksinya
dengann jalan membeli sendiri, langkaln pertanna yang perlu diperlnatikan
adalah memilih bahan pustaka dengan memperhatikan petduijuk-petuiijuk
yang telah diutarakan diatas .
Setelah itu bare kemudian dilakukan pekerjaan adrnirnistrasi pernesanan
meliputi
a. Cara pemesanan
Hal-hal yang perlu dicantunnkan dalam kartu/daftar pemesanan buku
meliputi
" Nama pengarang
" Judul
" Edisi, jilid
" Penerbit, tahun terbit dan kota buku diterbitkan
" Harga
" Jumlah eksemplar tiapjudul
" Nanna perpustakaan (pemesan)
" Hal-lnal penting, seperti nomor surat pemesannan dan cars
pengiriman
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 23
b. Cara pencatatan
Pada garis besarnva ada dua cars pencatatan yakni
1) Pencatatan dalam kartu
Tiap judul buku yang hendak dipesan dicatat pada sebuah kartu
lepas ukuran 7,5 x 12,5 cm.
Contoh kartu pemesanan
PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN
JL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .Telp . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b) Pencatatan dalam suatu daftar
Buku-buku yang hendak dipesan disusun dalam suatu daftar
pemesanan. Cara menvusun daftar antara lain sebagai contoh
daftar pemesanan vane disusun menurut abjad nama pengarang
Contoh Dafar pemesanan disusun menurur abjad nama
pengarang
Perpustakaan Desa/Kelurahan
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kepala
. . . . . . . . . . . .
[. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP.
24 Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan De.Xa
Pengarang . . . . . . . .
Judul . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Jilid . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Penerbit . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. Th. Terbit . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Harga @ Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Rp . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Tgl. Pesan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . No. Surat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..
Keterangan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Jumlah Eks . . . . . . . . . . . . .. buah
1) Buku
Sebagai catatan tambalian bahNv-a dalain pengadaan bahan pustaka
dapat pula dilakukan dengan cara pecnbelian secara langsluig
artinya apabila tersedia dana pembelian bahan pustaka (buku
majalah dan stuat kabar) maka kepala perpustakaan atau petugas
laimiya dapat membeli langsung kepada toko-toko buku terdekat
atau mtuigldn di ibu kota kabupaten. terutama bagi perpustakaanperpustakaan
desa yang terletakjauh dari kota-kota besar.
3 . Pencatatan dan penginventarisasian
" Mengecek buku
Buku-buku yang masuk ke Perpustakaan . yang berasal dari
pembelian, maka buku-buku tersebut di diharapkan dicek
(periksa) terlebih dahulu. Jika ada ketidak sesuaian dengan yang
seharusnya misalnya cetakan rusak/tidak jelas. ltalaman tidak
temtur atau ada kesalahan jilidan, maka perlu secepatm-a
disampaikan kepihak pengirim untuk penyelesaian lebih lanjut .
" Memberikan stempel buku
Biasanya setiap buku sedikitnya stempel di tiga tempat yaitu
Pertafna. stempel dibalik halaman judul pada tempat yang tidak
ada teksnya. kedua pads halaman akhir buku dan ketiga pads
suatu halaman tertentu yang merupakan halaman rahasia bagi
Perpustakaan yang bersangkutau.
Qtr
KECAMATAN 'G?y
CISOLOK
D ~ DESA CISOLOK ,-
32.04.10.2004 = ~
Garnbar 15
Stempel Perpustakaan Desa/Kelurahan
Nomor buku induk
Nomor induk adalah nomor unit dari semua buku yang ada di
Perpustakaan mulai dari nomor satu sampai nomor terakhir dari
setiap buku Vang dimillkl .
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa 25
Tempat nomor induk biasanya didekat stempel buku dibalik
halamanjudul. Nomor induk terakhir menentukanjunilah buku di
perpustakaan.
Mencatat dalam daftar buku induk
Setelah selesai memberikan nomor induk buku perlu pula dicatat
dalam buku yang disebut "Daftar Buku Induk" Hal-hal yang
perlu dicatat dalam daftar buku induk adalah
Tanggal pencatatan yaitu mencatat tanggal buku tersebut
didaftar pada buku induk.
Nomor induk buku yaitu dimulai dari nomor 001, semua
buku termasuk majalah yang sudah terjilid diberi 1 (satu)
nontor.
PengaLmg_ditulis nanra lengkap pengarang tanpa title.
Judul ditulis secara lengkap
Penerbit tulislah nama penerbit misalnya ALUMNI (tanpa
PT atau CV).
":" Tempat terbit misahlya JAKARTA, BANDUNG dsb.
Tahun terbit misalnva 1999
Sumber atau asal misalnya pembelian, hadiah, dll .
Harga misalnya Rp. 10.000,-
":" Keterangan
Contoh : Daftar buku induk
Tyl. N". P.M .-*
induk
NanJa~ukW
1
R
P-ki- N~ PMUkrr~ Ek,
2 . Majalah dais surat kabar
Khusus tmtuk koleksi majalah dan surat kabar tidak perlu menggwiakan
buku induk akan tetapi menggunakan kartu majalah dan kartu surat kabar.
Adapwi contoh kartu majalah dan kartu swat kabar adalah sebagai berikut:
26 Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
Contoh kartu majalah
KARTU MAJALAH
Judul .. ... ... ... ... .. . Alamat .. ... .. . ... .. . . .. . . .. . .. .. . . ... .. . . . .. ... ... ... .. . .. . .. . . . .. ...
Penerbit ... ... ... ... .. . .. . .. .
Kota terbit . ... ... ... ... ... ... .. Kala terbit : ... ... ... . . ... ... ..
Contoh kartu surat kabar
Judul
Penerbit
Alamat
Tahun
KARTU SURAT KABAR
OK m
PENGOLAHAN
Secara ideal pengolahan bahati pustaka berupa buku meliputi kegiatan-kegiatan
berikut
l . Klasifikasi
a. Peugertian
Klasifikasi berarti mentbagi atau mengelompokkan buku dan bahanbahan
pustaka lainnya menurut golongan (kelompok ilmu
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 27
r
NEESE
pengetahuan) tertentu dengan menggunakan cara alau sistem tertentu
misalnva DDC.
b. Maksud
Maksud klasifikasi atau pengelompokkan buku-buku di Perpustakaan
adalah untuk memilah-milah buku atau bahan pustaka lainnya yang
bertujuan untuk memudahkan petugas dalam memberikan layanan
disatu pihak, dan pengmijung dalam memilih buku yang dibutuhkan.
c. Klasifikasi DDC
Klasifikasi buku perpustakaan yang digunakan dianjurkan
menggunakan klasifikasi DDC (Dewvev Decimal Classification) yang
membagi seluruh cabang ilmu pengetahuan menjadi 10 kelas utama
atau golongan . Untuk masing-masing kelas menggunakan tiga angka
dafar.
Untuk mempernmdah pengelolaan perpustakaan atau pustakawan
dalam pengelompokan ilmu pengetahuan menurut DDC, maka
dianjurkan menggunakan "Terjemahan Ringkasan dan indeks Relatif'
yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI.
PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU NON FIKSI
Beberapa petunjuk klasifikasi buku
Menenlukan subyek buku
Langkah pertama klasifikasi adalah menentukan subyek atau pokok
masalali atau isi buku melalui kegiatan analisis subyek. Biasanya
subyek atau pokok masalah dapat diketahui dari judul. daftar isi,
pendahuluan atau apabila subveknya banyak atau lebih dari 2 (dua)
subyek maka sevogyanya membaca sebagian atau seluruh isi buku.
Menentukan nomor klasifikasi . Nomor klasifikasi buku akan
diketahui berdasarkan subyek buku. Subyek buku telah diketahui.
barulah kita mengadakan penelusuran unluk mendapatkan angka yang
tepat misalnya dengan menggunakan pedoman klasifikasi DDC
sebagaimana telah dikemukakan diatas .
Nomor klasifikasi harus diusahakan setepat mungkin misalnva
sebagai contoh buku tentang pendidikan diberikan nomor klasifikasi
370. (menurut sistem DDC)
KLASIFIKASI KOLEKSIBAHAN PUSTAKA LAINNYA
Klasifikasi buku-buku cerita
Dalam Perpustakaan Desa/Kelurahan, buku-buku fiksi biasanya
dikumpulkan menjadi satu kelompok. Buku-buku itu tidak perlu
diberi nomor klasifikasi tapi cukup diberi kode f (fiksi) sehingga kode
panggilannya menjadi F, sebagai contoh
28 Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
F berarti Fiksi, LUB adalah 3 (tiga) huruf nama depan pengarang
(Lubis, Mohtar) dan h adalah 1 (satu) hurufdepan judul.
" Klasifikasi Biografi
Klasifikasi buku biografi cukup ditulis b (singkatan dari biografi) atau
dengan 920_ asalkan penomorannya konsisten.
" Klasifikasi booklet dan pamflet
Booklet dan Pamflet yang sama subyeknya, sebaiknya ditempatkan
dalam map atau kotak karton dan ditulis nomor klasnya diluar kotak
karton tersebut .
" Klasifikasi Majalah
Majalah yang sifatnya umum diberi nomor klasifikasi 050, tetapi
majalah yang telah dijilid atau bendel dianggap sebagai buku maka
dengan demikian majalah diberi nomor klasifikasi menurut
subyeknya.
" Klasifikasi Koran
Koran jika dirasa perlu dapat diberi nomor klasifikasi 070, tetapi
biasanya cukup diberi stempel perpustakaan.
" Klasifikasi Buku-buku Referensi
Ensiklopedi Umum diberi nomor klasifikasi 030
Kamus diberi nomor klasifikasi sesuai dengan bahasanya.
Buku Tahunan
" Klasifikasi Guntingan Surat Kabar
Guntingan-guntingan (Kliping) mengenai subyek yang sama,
tempatkanlah dalam satu map. ditulis nomor klasifikasinya sesuai
dengan subyeknya.
Untuk pengolahan koleksi seperti yang diuraikan di atas dianjurkan
menggunakan sistem klasifikasi DDC yang membagi cabang ilmu
pengetahuan menjadi 10 klas utama atau golongan yang secara garis
besamya, adalah sebagai berikut
000 - Karya Umwn
100 - Filsafat
200 - Agama
300 - Ilmu Sosial
400 - Bahasa
500 - Ilmu Mumi
600 - Ilmu Terapan
700 - Kesenian
800 - Kesusastraan
900 - Sejarah dan Geografi
Pedoman PenyelenWaraan Perpustakaan Desa 2 9
2. Katalogisasi
Pengertian Katalog dan Pengkatalogan
Katalog adalah alat atau petunjuk yang berfungsi antara lain mencatat
segala identitas buku vang dimiliki oleh perpustakaan. Dengan kata
lain katalog adalah daftar buku-buku yang dinuliki oleh sebuah
perpustakaan yang disusun menurut sistem tertentu.
Pengkatalogan merupakan analisis terhadap hal-hal penting dari buku
dan mencantumkan bagian-bagian penting tersebut pada katalog.
Katalog berisi bagian-bagian penting yaitu
Tanda Buku
Tajuk Entri Utama
Judul dan keterangan pengarang
Edisi
Impresum
Kolasi
Catatan (Anotasi)
Jejakan (Tracing)
a.
1)
2)
3)
4)
>)
6)
7)
8)
Tanda
Buku
Tajuk entri utama
Judul/Keterangan pengarang, edisi (cetakan) .
Impresum (Tempat terbit, penerbit. tahun terbit) .
Kolasi tinggi buku.
Catatan
Jejakan (Tracing)
b. Sistem Katalog
Sistem Katalog dibedakan dari susunannya dalam laci katalog, yang
terdiri dari
(1) Sistem katalog Abjad
":" Katalog susunan abjad terpisah, dibagi lagi menjadi
* Katalog pengarang
* Katalog judul
Katalog subyek
Katalog susunan kamus (dictionary catalog) yaitu katalog
yang disusun menurut abjad pengarang,judul dan subyek
dalam satu susunan.
30 Pedoman PenvelerWaraan Perpustakaan Desa
(2) Sistem Katalog Kelas (Classified Catalog)
Sistenr katalog yang disusun menurut suatu bagan klasifikasi
tertentu Umunmya terdiri dari tiga susunan, yaitu
Katalog pengarang danjudul disusun menurut abjad
Katalog subyek disusun menurut urutan nomor klasifikasi
Indeks subyek yang menunjuk notasi klasifikasi wituk suatu
subyek, umumnya disusun menurut abjad.
c. Cara Menentukan Unsur-unsur Katalog
(1) Penulisan Nama Pengarang
Dalam kartu katalog nama yang dituliskan terlebih dahulu adalah
'lama keluarga, nania marga atau bagian akhir. Kemudian bagian
nama yang lain ditulis di belakangnya. dipisahkan dengan tanda
koma (). Apabila 'lama hanya terdiri dari satu kata, dalam
katalog dituliskan apa adanya, tanpa dibalik Gelar
kebangsawanan dan gelar keagamaan ditulis di belakangnya,
tetapi gelar kesarjanaan tidak dituliskan.
(2) Penulisan Judul
Judul buku dituliskan selengkapnya. Apabila ada judul tambahan
perlu dicantumkan .
(3) Keterangan Pengarang
Yang dimaksud dengan keterangan pengarang adalah keterangan
mengenai nama atau 'lama-'lama yang terdapat pada halaman
judul buku yang ikut serta dalam penulisan buku tersebut .
(4) Keterangan Edisi
Kata edisi (Edition) disingkat Ed Kata cetakan disingkat Cet.
(5) Tempat terbit
Tempat terbit adalah 'lama kota tempat buku diterbitkan Jika
tempat terbit tidak diketahui, dinyatakan dengan S.L singkatan
dari Sine Loco (tanpa tempat).
(6) Penerbit
Penerbit adalah nama bagan yang menerbitkan buku. Jika nama
penerbit tidak dinyatakan atau tidak diketahui penerbitnya, maka
dinyatakan dengan S.N smgkatan dari Sine Nomine (tanpa nama
penerbit).
(7) Tahun terbit
Tahun terbit biasanya dinyatakan dengan tahun masehi. Apabila
tahun terbit tidak dinyatakan dalam buku, maka sedapat mungkin
diperkirakan tahwurya dengan memberikan tanda-tanda sesudah
menulis tahun.
(8) Jumlah halanran dan Tinggi Buku
Jumlah halaman dinyatakan apabila ada halaman romawi, katalog
dinvatakan dengan angka romawi kecil. Dan halaman angka Arab
dinyatakan dengan tanda koma () dan halaman romawi kecil.
Pedomwr Penvelenggaman Perpustak-aan Desa 31
Call Number
(tanda buku) 4
Impresum
- Kota terbit
- Penerbit
- Tahun terbit
Contoh
Kata halaman dinyatakan dengan P singkatan dari "Pagina-'.
Tinggi buku diukur dad atas sampai bawah bitku (lihat gatubar)
i
Jzjak subyek buku
TINGGI
BUKU
(9) Catatan
Dalam catatan dapat disebutkan hal-hal penting yang tidak
tercakup dalam uraian sebelumnya, misalnya judul asli dari buku
terjemallan .
(10) Tanda Tempat Buku
Tanda tempat buku sesuai tanda yang dilekatkan pada punggttng
buku yaitu nomor klasifikasi yang menunjukkan tempatnya
dalam rak. Biasanya untuk tanda tempat digunakan nomor
klasifikasi disertai 3 huruf pertama nama pengarang dan satu
hurufpertama judul.
Pengamug/tajuk Judul buku Edisi
14 k
[
6^6
Sce
.5
p Soeseno, Slamet
Petemakan Ayam dan itik,%Oleh Slamet Soeseno . -- Cet . A . - -
Jakarta : Kinta, 1976
'50 hat. Ilus . : 20 cm
1 . Temak Ayam I . Judul
Kolasi :
- Jumlah halaman
- Tinggi buku
d. Pemilihan Tajuk dan Bentuk Tajuk
Tajuk adalah kata pertama dalam penulisan entri katalog, yang
ditentukwl dari nama pengarang atau vang dianggap pengarang
32 Pedoman Penvelertggaroan Perpustakaan Desa
(1) Penentuan tajuk entri utama antara lain
": Suatu karya yang ditulis oleh pengarang twiggal . tajuluiya
pada pengarang tersebut .
Contoh : Pribadi, oleh Hanika
Tajuk pada Hamka
Karya pengarang ganda
Karva yang ditulis oleh dua orang_ maka tajuknya pada
pengarang yang ditulis pertama.
Contoh
An Indonesia - English Dictionary. oleh Echols & Shadily
tajuk pada Echols.
Karva vang ditutis oleh tiga pengarang. maka Tauknya
adalah nama pengarang yang pertama disebutkan.
Karya yang ditulis oleh lebih dari tiga pengarang maka
tajulaiya ditentukan padajudul karya.
Karya editor . Ditentukan pada judul
Karva kurnpulam tajuk ditentukan pada Karva pengarang,
bila disebut"i pada halaman judul. Kalau tidak Tauknya
pads judul.
Karya terjemahan. ditentukan pada penyadur.
Karva anonim. ditentukan padajudul karya.
Karva penuidang-widangan. tajuknya ditentukan Irada nama
negara yang mengeluarkan undang-undang.
(2) Penentuan bentuk tajuk nama orang, antara lain
Nama tunggal, kata utamanya pada nama itu sendiri .
Nama ganda, kata utamanya pads
Yang mempwryai nama keluarga/marga
Kata utamanya pada nama keluarga/marga
Contoh
Sejarah Indonesia, disusun oleh Abdul Haris Nasution.
Tajuk : Nasution. Abdul Haris.
Nama yang nama keluarganya kurang jelas. kata
utamanya pada bagian akhir nama.
Contoh
Pedoman Puasa oleh Sidi gazalba
Tajuk : Gazalba, Sidi
(3) Penentuan pedonman tajuk badan korporasi, antara lain
Pada dasarnya tajuk badan korporasi ditetapkan sebagaimana
adanya.
Karya yang diterbitkan oleh lembaga/badan pemerintah.
tajulaiya ditetapkan pada narna negara/badan yang
bersangkutan .
Contoh : Departemen Agama
Tajuknya : Indonesia, Departemen Agama.
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa 33
"..r. . . ..-..% 0%n4 ~- CA n
Karva yang diterbitkan oleh badanlpejabat datam
pemenntalhan.
Tajuk : Indonesia, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur
Negara.
Kitab Suci, tajuknya pada nama Kitab Suci.
Contoh : Al-Qur'an, tajuknya : AI-Qur'an.
Untuk kegiatan katalogisasi agar lebih lengkap disarankan pengelola
perpustakaan menggunakan buku Peraturan Katalogisasi Indonesia terbitan
Perpustakaan Nasional RI.
PERLENGKAPAN PADA KOLEKS1
Setiap koleksi baik berupa buku. microfilm kaset, slide, gambar, peta majalah
yang sudah dijilid harus mempunyai label tanda kenal (call number).
Label tanda kenal ini bertuliskan keterangan sebagai berikut
a. Kode klasifikasi
b. Tiga huruf pertama pengarang
c. Huruf pertama judul
Label tanda kenal untuk buku dituliskan pada selembar kertas berukuran 2 cm
s 6 cm dicetak atau diketik lain ditempelkan pada punggung buku bagian
bavyah kira-kira 3 cm di diukur dari sisi baivah. Huruf pada label tanda kenal
harusjelasterbaca.
Contoh Label Kenal buku
2cmx6cm.
636.i
SOE
P
Contoh kartu (buku berukuran 6 x I I cm)
Halaman depun Halaman Belakang
34 Pedoman Penvelen&garaan Perpustakaan Desa
636 .5
SOE Soeseno, Slamet
P Petemak avam clan itik
TRI HanL No . TO leant
kzmMnli
A
~otc n ota hzinbali
I
i
4
tio .
:1ne2ota
TO - Hams
K=bali
No .
:
~J
ieeota
Tg1 . Haros
K,... ;bali
Contoh Lembar Tanggal Kembali
TANGGALHARUS KEMBALI
Contoh kantong kartu buku (ukuran 7 s 8 cm)
636.5
SOE Soeseno . Slamet
P Peternak avam dan
itik
CARA MENGATUR KOLEKSI
Sebagai pedonman dalam penempatan menurut sistem pengelompokkan subvek
adalah sebagai berikut
1. Buku-buku disusun menuut tanda buku vang tertera pada punggung buku.
2. Untuk penempatannya dimulai dari sisi kiri ke kanan pada setiap rak yang
berukuran lm. Bila rak lebamya 2 m atau lebih sebaiknya diberi
penyangga agar menjadi 2 bagian atau Iebih.
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 35
Yang pertama-tama menentukan letak rak adalah nomor klasifikasinva .
Jika nomor klasifikasi dari beberapa buku sama, yang menentukan adalah
abjad tanda pengarang (3 huruf pertama nama pengarang). Apabila tanda
pengarang juga sama, maka yang menentukan adalah tanda judul (satu
huruf pertama darijudul)
Contoh
4. Secara keseluruhan (seluruh koleksi) mulai dari kelas 000 (karya umum)
"saFm)pai dengan klas 900 (sejarah. biografi dll) ditambah fiksi yang berkode disusun secara tersistem dari angka terendah (000) sampai dengan
(900) baru kemudian fiksi yang berkode F. Setrategi mengatur rak buku
adalah dimulai dari sebelah kiri pintu masuk. mengikuti putaran jam
sehingga nantinya buku-buku majalah terjilid yang bergolongan tinggi
berada pada rak yang ada pada sebelah kanan pintu masuk termasuk fiksi
(seiarah kode 900 dan fiksi berkode F).
E. LAYANAN PERPUSTAKAAN
2m
Kegiatan layanan adalah upaya memenuhi kebutuhan masyarakat pemakai jasa
perpustakaan akan bahan pustaka yang mereka butuhkan.
1 . Layanan Membaca di Perpustakaan
Layanan membaca adalah layanan utama setiap perpustakaan dimana para
pengiuijung dapat memanfaatkan bahan pustaka di ruang baca yang
disediakan di perpustakaan.
2. Pelayanan peminjaman dan pengembalian (sirkulasi)
Pelavanan peminjaman dan pengembalian menyangkut peraturan
peminjaman pengembalian, sistem pelayanan peminjaman. bahan-bahan
yang boleh dipiniam dan lain-lain .
36 Pedonman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa
100 150 160 170 300 310 320 360
Bak Gaz Sva Yun Kur Bar Inc Dar
f f i+ e t s i p
200 2X1 2X2 2X5.1 370.1 370.1 370.1 370.1
Gre Mar Muh Ham Lbr Yun Yun Bra
G t i P p p s b
1) Peraturan atau tats tertib perpustakaan
Peraturan perpustakaan ini menjelaskan antara lain mengenai syaratsyarat
keanggotaan- ltari clan jam buka perpustakaan, syarat-syarat
pemuijaman clan pengembalian. kewajiban clan sanksi peminjaman,
jumlah buku vang dapat dipinjam- lama peminjaman clan sebagainya.
Peraturan hendaknva sederhana clan mudah dilaksanakan serta
disebarluaskan kepada seluruh masyarakat pernakai jasa
perpustakaan.
Contoh tata tertib Perpustakaan Desa adalah sebagai berikut
2) Sistem layanan peminjaman
Oleh karena jenis perpustakaan ini adalah jenis perpustakaan umum
yang melayani masyarakat clan juntlah koleksinya belum begitu
banyak jumlah pemakai juga masih terbatas maka dianjurkan
menggunakan jenis layanan sistem terbuka Yaitu suatu layanan yang
membolehkan pemakai jasa perpustakaan memilih clan mengambil
sendiri bahan pustaka yang dibutuhkanmva dari tempat penyimpanan
koleksi/rak buku.
Kebatkan sistem terbuka adalah
Pengunjung bebas memilih buku yang dikehendakinva.
Apabila buku yang dicari tidak terdapat pada koleksi
perpustakaan. maka dapat memilih alternatif buku lain yang
sejenis atau bersamaan.
":" Tidak terlalu banyak memerlukan tenaga .
Walaupun ada kcrugianm-a yaitu koleksi tercampur aduk olch
pengunjung serta kemungkinan buku hilang relatif lebih besar
nantun sistem inilah yang dianggap terbaik clan pada utnunutva di
gunakan oleh Jems perpustakaan yang melaN ani masyarakat
umwn (Pcrpusnas Provinsi clan Perpustakaan Perguruan Tinggi
serta sekolah) .
Pedonran Penvele±tgzaraan Perpustakaan Desa 3?
1 . Tidak boleh membuat gaduh di ruang perpustakaan
2. Tidak boleh makan
3. Tas supaya dititipkan
4. Tidak boleh
clan
merokok di
minum di ruang perpustakaan
ruang perpustakaan.
Contohjam layanan
Senin - Kamis 08.00 - 14.00
15.00 - 18.011
Jum'at 08.30 - 11 .00
13.00 - 18.00
Sabtu 08.30 - 12.00
Minggu 09.00 - 12.00
3) Sistem peminjaman
Perpustakaan umum desa dianjurkan menggunakan system Brown
yaitu suatu sistem yang menggunakan 2 (dua) alat pinjam
Pertania : Kartu anggota
Bentuknya sama dengan kartu penduduk itkurannya juga sama.
Memuat didalamnya nomor anggota. nama dan alamat anggota,
nomor telepon kalau ada serta pas foto ukuran 2 x 3 cm. Kartu
anggota ini berfungsi untuk mengontrol apakah pengunjung tersebut
telah terdaftar dan berhak untuk menunjam buku atau tidal. Di
samping itu apabila mereka melanggar tata tertip perpustakaan. maka
kartu tersebut dapat ditarik kembali, atau tidak boleh meminjam
selama 6 (enam) bulan ntisalnya. Hal ini tergantung dari peraturan
tata tertibyang telah dikeluarkan oleh perpustakaaiL
Adapun contoh kartu anggota dapat dilihat pada gambar sebagai
berikut
No.
Name
Atmat
Telp.
Foto
Perpustakasn Umum
Desa ... ... ... ... ... ...
KartuAmaota
Kepali,
.. .. .... .... Th . 2000
Kedua : Kantong kartu pinjam
Kantong kartu pinjam ini bentuknya seperti katong kartu buku
ukurangya jugs sama namun katu ini memuat identitas anggota
peminjam (mm dengan yang taatem pada kartu pinjam) yaitu Nomor
urut, nama dan alamat auggota peminjam.
Jumlah kartu untuk setiap anggota tergantung dan sistem
peminjanran. Kalau anggota boleh menunjam 2 buah buku untuk
setiap kali penunjaman maka jumlah katong kartu anggota 2 (dua)
buah karma setiap buku hares 1 (satu) kantong .
38 Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Deso
Adapun kegwiaan kantong kartu peminjaman ini adalah
1) Sebagai alat untuk meniinjam buku
2) Sebagai tempat untuk mem-impan
sedang terpinjam.
Contoh kantong kartu pinjam_
Tata kerja
1 . Peminjaman
a)
b)
c)
d)
e)
f)
2. Pengcmbalian
a)
b)
Buku 1 (satu) atau 2 (dua) buah (tergantung dari pemturan
tata tertip perpustakaan) bersama kartu anggota serta kantong
kanu anggota diserahkan kepada petugas perpustakaan.
Petugas perpustakaan memeriksa kemurnian kartu anggota.
Mengeluarkan kartu buku dari kantong kartu bt&-u clan
mencatat nomor anggota serta tanggal kapan buLinya harus
dikembalikan pada kolom yang tertera dalant kartu buku.
Ivtencatat pula nomor anggota serta tanggal kapan buku harus
dikembalikan pada kartu slip (kartu) yang biasama terdapat
pada halaman terakhir buku-buku N-ang boleh dipuijamkan .
Masukan kartu bukll pada kantong kartu pinjam.
hantong kartu pinjam bersama kartu buku disusun (file) pada
peminjaman inenurut tanggal kembali .
Seraltlmn buku pinjaman kepada anggota peminjam.
Buku pinjaman diterima oleh petugas perpustakaan
Periksa kartu slip (kanu kembali)
Apabila terlambat . hitung hari keterlambatan clan
perhittutgkan denda
Apabila tidak terlambat proses lebili lanjut (lihat e)
No.
Nama
Alamat
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakoan Desa
kartu buku dari buku yang
wufv ai 17-.7V 1v-vv-A.
39
c) Cari kartu buku clan kantong kartu pinjam (kartu buku clan
kantong kartu pinjam adalah 1 (satu) paket dalam file kotak
pentinjaman) pacia tangpl kembali yang terdapat pada bak
peminjantan.
d) Kembalikan kantong kartu pinjam pada pemiliknva clan
masukan kembali kartu buku pada kantong buku yang
terdapat pada buk-unya.
e) Kembalikan bukuna pada rak .
3 Pelavanan Referens
Pelavanan referens merupakan kegiatan memberikan informasi
yang diperlukan oleb pembaca, serta membantu nternanfaatkan
koleksi dengan sebaik-baiktna sebagai sumber informasi .
Sebagai comoh petugas pelavanan referens mungkin akan
mendapat pertanvaan-pertanvaan sebagai berikut
a . Pertanvaan apa, misalnva : Alra yang disebut haram `?
b. Pertanaan inengapa_ ntisalna : Mengapa untat Islam
diwajibkan sltalat?
c. Pertanvaan .Sapa. misalnva : Siapa pendiri Boedi Cktonto
d. Pertatnaan dinrana, misalmya : Dintana letak Pegunungan
Himalaya"
c. Pcrtan-aan kapan. misalmva : Kapan Gtmung Krakatau
meletus?
C. Pertanvaan bagainiana. misalm-a : Bagaimana cara betemak
avam
Di samping itu terdapat pula permintaan-permintaan mttuk
mengadakan penelusuran literatur . Untuk memenuhi permintaan
itu. kesiagaan informasi perlu ditinjau dengan demikian apabila
seNyaktu-waktu diperlukan "am rangka tnenjaNyab pertanaan
atau dalam rangka pelayanan infonnasi, akan mudah clan cepat
dipmukan. Jenis Buku Referensi meliputi
M Ensiklopedi
Kamtts
Bibliografi
Indeks
Somber biop-rafi
,; Buku taltunan
Somber ilmu butni
Buku pcttutjttk
Buku pedoman
-l . Layanan Bercerita (menclongeng)
Lavanan ini ditujukan kepada anak-anak _yang dilakukan oleh
petugas perpustakaan . Adapun centa vang dibavyakan
40 Pedonran Penvelengizaraan Perpustakaan Desa
sevogyam"a bersumber dari koleksi yang tersedia di
perpustakaan.
Dalam upava memberikan lavanan. jam buka Perpustakaan
Desa,'Kelurahan disesuaikan dengan «-aktu rang tersedia bagi
semua pembaca. Lavanan perpustakaan dapat dilakukan pada
hari-liari biasa, hari minggu dan hari libur laimiva . Untuk lebih
jelasnva dapat dilihat jam buka Perpustakaan Desa/Kelurahan
rang dinnulai pagi sampai malam hari. tergantwng kepada kondici
setennpat .
Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa 4 1
A. Tujuan Pembinaan
BAB IV
PEMBINAAN PERPUSTAKAAN DESA
Secara garis besarnva Perpustakaan Nasional RI sesuai dengan Keppres Nomor
67 tahun 2000 antara lain mempunyai tugas pokok membina semua jenis
perpustakaan termasuk membina Perpustakaan Desa. TuJuan pembinaan
Perpustakaan Desa/Kelurahan dibagi menjadi dua bagian yaitu
l . Tujuan Unmm
" Mengembangkan dan meningkatkan mutu Perpustakaan Desa/
Kelurahan
" Meningkatkan dayaguna dan hasilguna Perpustakaan Desa/Kelurahan
2. Tujuan Khusus
" Mewujudkan Perpustakaan Desa/Kelurahan yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat yang dilayam .
" Menvelenggarakan program Perpustakaan Desa/Kelurahan yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani
" Mewujudkan mutu Perpustakaan Desa/Kelurahan yang standar sesuai
dengan tumutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi .
" Menyediakan berbagai jenis koleksi Perpustakaan Desa/Kelurahan
yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani
B. Aspek-Aspek Pembinaan
Pembinaan teknis dan non teknis Perpustakaan Desa/Kelurahan meliputi
komponen-komponen sebagai berikut
1 . Status. organisasi dan manajemen
2 . Ketenagaan
3 : Gedung/ruang
-1. Perabot dan perlengkapan
>. Koleksi bahan pustaka
6. Pelavanan
7. Pembiavaan (anggaran)
8. Promosi dan pemasyarakatan
9 . Jaringan kerjasama .
10. Minat dan kebiasaan membaca seluruh masyarakat yang dilayam
Mengingat luasnya ruaug lingkup pembinaan Perpustakaan Desa/Kelurahan.
maka strategi pembinam-a perlu diarahkan . yaitu dengan memperhatikan
prinsip-prinsip sebagai berikut
I . Dilaksanakan secara meluas dan merata, dengan memanfaatkan media
cetak maupun elektronik seperti majalah. radio dan televisi (RRI dan
TVRI ataupun TV swasta)
4 2 Peclaanan PenvelernQgaraan Perpustakaan Desa
2. Dilakukan dengan berpedoman pada aspek pembinaan (10 aspek) .
3 . Dilakukan secara bertahap dengan prinsip skala prioritas.
4. Dilakukan melalui dua arah antara Perpustakaan Nasional RI dan
Perpustakaan Nasional Provinsi sebagai pembina dan Perpustakaan
Desa/Kelurahan sebagai yang dibina .
>. Dilakukan secara berkesinambungan (terus-menerus) untuk mencapai
hasil yang optimal .
C. Pembinaan Terpadu Perpustakaan
Pada dasamya pembinaan Perpustakaan Desa/Kelurahan adalah menjadi tugas
bersama antara Perpustakaan Nasional RI dan Departemen Dalam Negeri. Oleh
karena itu pembagian wewenang dan tanggungjawab pembinaannva dapat
dilakukan sebagai berikut:
1 . Komponen status, organisasi dan manajemen Perpustakaan
Desa/Kelurahan
a) Peningkatan status yang layak bagi Perpustakaan Desa/Kelurahan
menjadi tanggungjawab bersama antara Perpustakaan Nasional RI dan
Depdagri. Dalam melaksanakan tugasnya Mendagri melimpahkan
wewenangnya pada Pemda Tk 1 dan Pemda Tk 11. Sedangkan
Perpustakaan Nasional RI mefimpahkan wewenangnya pada
Perpustakaan Nasional Provinsi .
b) Pengaturan organisasi dan manajemen Perpustakaan Desa/Kelurahan
menjadi wewenang dan tanggung jawab Pemda Tingkat I dan Pemda
Tingkat II sesuai Perda yang berlaku.
2. Komponen ketenagaan
a) Pengadaan ketenagaan Perpustakaan Desa/Kelurahan menjadi we%venang
dan tanggung jawab Pemda Tingkat I atau Pemda Tmgkat II
b) Pembinaan ketenagaan (profesional dan fungsional menjadi
wewenang dan tanggung jawab bersama Perpustakaan Nasional RI
up. Perpustakaan Nasional Provinsi serta Pemda Tk I dan II.
3. Komponen perabot dan perlengkapan Perpustakaan
Pengadaan, pemeliharaan dan pengembangan perabot dan perlengkapan
Perpustakaan Desa/Kelurahan menjadi wewenang dan tanggungjawab
pemerintah daerah Tic I dan Pemerintah Daerah Tk. II.
4. Komponen koleksi bahan pustaka
Pengadaan. pemeliharaan dan pengembangan koleksi Perpustakaan
Desa/Kelurahan menjadi wewenang dan tanggungjawab Pemda, serta
masyarakat.
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 4 3
5. Komponen pelayanan Perpustakaan Desa/Keluraluni
a. Pembinaan teknis layanan Perpustakaan Desa/Keluraltan menjadi
wewenang clan tanggungjawab Perpustakaan Nasional Rl Up.
Perpustakaan Nasional Provinsi .
b. Pelaksanaan layanan Perpustakaan Desa/Kelurahan menjadi
wewenang clan tanggungjawab Pemda.
6. Komponen pembiayaan (anggaran) Perpustakaan Desa/Kelurahan
Pembinaan anggaran Perpustakaan Desa/Kelurahan menjadi NA ,ewenang
clan tanggungiaNvab Pemda serta masyarakat setempat .
7. Komponen Promosi clan Pemasyarakatan Perpustakaan Desa/Keluralian.
Promosi clan pemasyarakatan Perpustakaan Desa/Kelurahan menjadi
wevvenang clan tanggung jawab para pengelola perpustakaan (Kepala
Perpustakaan) Promosi perpustakaan perlu terprogram. Berbagai kegiatan
dapat dilakukan antara lain mengadakan pameran bersama (kerjasama
dengan lembaga terkait yang ada di wilayahnva), Siaran berita (RRI,
TVRL TV Swasta), Memuat berita-berita di harian, dll .
8_ Komponen Jaringan Kerjasama Perpustakaan Desa/Kelurahan dengan
Perpustakaan Lain
Pembinaan jaringan kerjasama Perpustakaan Desa/Kelurahan dengan
perpustakaan lain menjadi wewenang clan tanggungjawab bersama antara
Perpustakaan Nasional Provinsi clan Pemda Tingkat I serta Pemda Tingkat
11 dalam wilayalinya .
9 . Komponen Minat baca clan Kebiasaan Membaca Masyarakat
Pembinaan minat clan kebiasaan membaca masyarakat menjadi wewenang
clan tanggungjaNvab bersama antara Perpustakaan Nasional clan Pemerintah
Daerah .
Adapun pola Pembinaan Terpadu Perpustakaan dapat dilihat pada skema
sebagai berikut
Pedoman Penvelen~garaan Perpustakaan Desa
POLA PEMBINAAN TERPADU PERPUSTAKAAN
Keterangan
= garis komando
------------- = garis koordinasi
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 45
Dari skema di atas dapat dilihat bahwa di dalam membina Perpustakaan
Desa/Kelurahan terdapat pernbagian weivenang clan tanggungjawab yang jelas
antara Perpustakaan Nasional RI clan Departemen Dalam Negen atau
Perpustakaan Nasional Provinsi clan Pemda Tingkat I serta Pemda Tingkat 11.
Kerjasama antara Perpustakaan Nasional RI dengan Depdagri tersebut
dituangkan daiam Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Dalam
Negeri clan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 4 tahun 1993 clan Nomor
002 tahun 1993 Keputusan Bersama tersebut memuat tentang Pedoman
Pembentukan. Pem-elenggaraan, Pengembangan clan Pembinaan Perpustakaan
di jajaran Departemen Dalam Negeri.
Dalam membantu Menteri Dalam Negeri clan Kepala Perpustakaan Nasional
RI untuk melaksanakan ketentuan Keputusan Bersama tersebut dibentuk
Kelompok Kerja (Pokja) di tingkat Pusat maupun Daerah.
Pembentukan Kelompok Kerja ditingkat Pusat ditetapkan oleh Kepala
Perpustakaan Nasional RI sedangkan ditingkat Daerah ditetapkan oleh
Gubernur Kepala Daerah Tingkat I. Di dalam membina perpustakaan di Daerah
Perpustakaan Nasional Provnisi yang merupakan instansi vertikal Perpustakaan
Nasional yang berada di Provinsi bekerjasama dengan Pemda Tk. I membentuk
Badan Koordinasi Pendayaganaan Perpustakaan Daerah yang disingkat
BKPPD. Surat Keputusan Pembentukan BKPPD ini dikeluarkan oleh Pemda
Tk. I yang ditandatangani oleh Gubemar KDH Tk. I.
Di sarnping itu atas wewenang _yang diberikan oleh Kepala Perpustakaan
Nasional RI (Pasal 16 : 3 Keputusan Kaperpusnas No. 44 Tahun 1998),
Perpustakaan Nasional Provinsi bekerja sama dengan Pemda Tk. II untulc
membentuk Badan Penyantun Perpustakaan Daerah yang disingkat dengan
BPPD. Badan inilah, atas kerjasama dengan Perpustakaan Nasional Provinsi
melakukan berbagai kegiatan pengembangan, pembinaan clan pemberdayaan
skmua jenis perpustakaan yang ada dalam wilayahnya baik di level
pemerintahan Tk. II, kecamatan maupun desa). Oleh karena pembinaan
perpusatkaan desa melibatkan lembaga-lembaga pemerintahan baik di tingkat
provinsi (Pemda Tk I clan Perpustakaan Nasional Provinsi), Pemda tk. II,
Pemerintah Kecamatan clan Pemerintahan Desa/Kelurahan itu sendiri . maka
pemerintah menetapkan Pola Pembinaan Terpadu Perpustakaan . Pola
Pembinaan Terpadu Perpustakaan dapat dilihat pada skema halaman 45.
D. Pelaporan
Pembinaan Perpustakaan Desa/Kelurahan dimonitor clan di evaluasi hasitnva .
Monitor clan evaluasi hasil pembinaan dilakukan dengan mempelajari antara
lain; laporan hasil yang dicapai (laporan tengah tahunan clan tahunan).
46 Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa
Pengelola perpustakaan dalam hal ini oleh Kepala Perpustakaan Desa/
Kelurahan berkeN%ajiban memberikan laporan kelrada Kepala Desa/Lurah
secara bulanan. Dalam laporan tersebut, lembaga pemerintali yang perlu
mendapat tembusan laporan adalah sebagai berikut
1 . Kepala Perpustakaan Nasional Provinsi
2. Kepala Daerah Tk. II (Kabupaten/Kota)
3. Kepala Kecamatan
Adapun format materi laporan terlampir.
Pedonian Penyelenggaraan Perpustakaan Desa 47
BAB V
PENUTUP
Buku pedoman rang telah tercetak dalam bentuk buku ini adalah merupekan salah
satu usaha untuk menyebarluaskan informasi tentang usaha-usaha pemerintah untuk
mengembangkan, membina sekaligus memberdayakan perpustakaan yang telah ada
secara maksimal.
Tentang aspek teknis perpustakaan, baik tentang pengadaan maupun tata cars
pengolahau serta layanannya telah diuraikan, namun tentunya masih ada
kelcurangannya (tidak lengkap), untuk itu kami sarankan agar dapat menggunakan
buku pedoman lain yang dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional RI seperti
ringkasan DDC, Daftar Tajuk Subvek dan Peraturan Katalogisasi Indonesia serta
buku pedoman lainnya untuk melengkapi kegiatan tersebut.
Selain itu, dihimbau kepada para pengelola perpustakaan untuk selalu dan
senantiasa mengadakan konsultasi dengan Perpustakaan Nasional RI atau
Perpustakaan Nasional Provinsi yang terdapat di seluruh Ibu Kota Provinsi .
48 Pedoman Penvelenggaraon Perpuslakaan Qesa
Lampiran
Contoh Format Laporan Bulanan
Bulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Mengetahui Kepala Perpustakaam
Atasan langsung/Lurah/
Kepala Desa
( . . . . . . . . . . . . . . . .. . . .. . . . . . . ) ( . .. . . . . . . . . . . . . . . . . .. .. . . . . )
Pedoman Penvelenggaraan Perpustakaan Desa 49
l . Nama Perpustakaan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Alamat : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Telepon/Fax . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
-l. Tahwi Berdiri : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kepala Perpustakaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
6. Luas Bangunan/Ruangan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
7. Jumlah Tenaga . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
8. Lavanan
a. Sistem layanan : Terbuka/Tertutup/Cwnpuran
b. Jenis lavanan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ..
c. Waktu la_vanan : Pukul . . . . . . . . . . . . . .s/d. . . . . . . . . . .. .. . . ..
9. Koleksi
a. Jwulah koleksi : . . . . . . . . . . . . . . . Judul. . . .. . . . . . . . . . . eks.
b. Jumlah koleksi rang dipinjam
per bulan . . . . . . . . . . . . . . . . Judul. . . .. . . . . . . . . .eks.
10. Pengunjung dan Peminjam
a. Jumlah pengunjung per bulan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ... . .orang
b. Juiulah peminjam per bulan : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . .orang
11. Jumlah Anggota : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . .. . . . .orang
12. Jumlah anggaran per tahun : Rp. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ....
13. Sistem Klasifikasi : DDC/Sistem lainnva
14. Promosi Perpustakaan melalui : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . .. ..

0 komentar — Skip to Comment

Posting Komentar — or Back to Content