peranan lokasi dan ruangan perpustakaan
Lokasi dan Ruang
Peran pendidikan yang kuat dari perpustakaan sekolah harus tercermin pada fasilitas, perabotan dan peralatannya. Fungsi dan penggunaan
perpustakaansekolahmerupakan factor penting untuk diperhatikan
takalamerencanakan gedung sekolah barudan mereorganisasigedung sekolah
yang sudah ada. Kendati tidak ada ukuran universal untuk
fasilitasperpustakaan sekolah, namun merupakan sesuatu yang bermanfaat
danmembantu jika kita memiliki formula sebagai dasar dalam menghitung
perencanaan, agar setiap perpustakaan yang baru didisain memenuhi
kebutuhan sekolah dengan cara palingefektif. Pertimbangan berikut ini
perlu disertakandalam proses perencanaan:
•lokasi terpusat atau sentral,bimana mungkindi lantai dasar
•akses dan kedekatan,dekat semua kawasan pengajaran
•faktor kebisingan, paling sedikit di perpustakaan tersedia beberapa bagian yang bebas dari kebisingan dariluar
•pencahayaanyang baik dan cukup, baik lewat jendela maupun lampu penerangan
•suhu
ruangan yang tepat (misalnya, adanya pengatur suhu ruangan ataupun
ventilasi yang mencukupi) untukmenjamin kondisi bekerja yang baik
sepanjang tahun disamping preservasikoleksi
•disain yang sesuai gunamemenuhi kebutuhanpenderita cacad fisik
•ukuran
ruang yang cukup untuk penempatankoleksi buku,fiksi dan non-fiksi,
bukusampul tebal maupuntipis, suratkabar danmajalah, sumber non-cetak
serta penyimpanannya, ruang belajar, ruang baca, komputer meja, ruang
pameran, ruang kerja tenaga dan meja perpustakaan
•fleksibitas untuk memungkinkan keserbaragaman kegiatan serta perubahan kurikulum dan teknologipadamasa mendatang
Daftar berbagai ruangan yang berbeda-beda berikut ini layak dipertimbangkan ketikamerencanakanperpustakaan baru:
•kawasan
ruang belajar dan riset untuk penempatan meja informasi, laci katalog,
katalog terpasang, meja belajar dan riset, koleksi referensi dan dasar
•kawasan
ruang baca informal untukbuku danmajalah yangmendorong literasi,
pembelajaransepanjang hayat, dan membaca untuk keceriaan
•kawasan
ruang instruksional dengan kursi yang disusun untukkelompok kecil,
kelompokbesar daninstruksional formalseluruhkelas, “dinding
pengajaran”,dengan kawasanteknologipengajaran danpameranyang sesuai
•kawasan
ruangproyekkelompok dan produksi untuk kerja fungsional
danpertemuanperorangan, kelompok maupun kelas, serta fasilitas untuk
produksi media
•kawasan
ruang administrasi untuk meja sirkulasi, ruang kantor, kawasan untuk
memproses materimedia perpustakaan, penyimpanan peralatan
pandang-dengar, dan kawasan materi serta alat tulis kantor.
0 komentar — Skip to Comment
Posting Komentar — or Back to Content