sumber daya perpustakan sekolah
.SUMBERDAYA
“Perpustakaan
sekolah harus memperoleh dana yang mencukupi dan berlanjut untuk tenaga
yang terlatih,materi perpustakaan, teknologidan fasilitasserta aksesnya
harus bebas biaya”
2.1Pendanaan dan Anggaran Perpustakaan Sekolah
Untuk menjamin agar perpustakaan memperoleh bagian yang adil dari anggaran sekolah , butir berikut penting artinya:
•memahamiproses penganggaran sekolah
•menyadari jadwal siklus anggaran
•mengenal siapa yang menjadi tenaga penting
•memastikanbahwa segala kebutuhan perpustakaan teridentifikasi.
Dalam merencanankan anggaran komponenrencana anggaran berikut mencakup:
•biaya
pengadaan sumberdaya baru (misalnya, buku, terbitan berkala/majalah dan
bahan terekam/tidak tercetak); biaya keperluan promosi (misalnya,
poster)
•biaya pengadaan alat tulis kantor (ATK) dan keperluan administrasi
•biayaberbagai aktivitas pameran dan promosi
•biaya penggunaanteknologi komunikasi dan informasi (ICT), biaya perangkat lunak dan lisensi, jika keperluan tersebut belum termasuk di dalam biayateknologi dan komunikasi informasiumum di sekolah.
Sebagai
ketentuanumum, anggaran materialperpustakaan sekolah paling sedikit
adalah 5% untuk biaya per murid dalam sistim persekolahan, tidak
termasuk untuk belanja gaji dan upah, pengeluaran pendidikan
khusus,anggarantransportasi sertaperbaikan gedung dan sarana lain.
Biaya
untuk tenaga perpustakaan mungkindapat dimasukkan di dalam anggaran
perpustakaan, meskipun di sebagian sekolah hal itu lebih tepatdimasukkan
di dalam anggaranstafumum.Hendaknyadiperhatikan bahwa pada saat
menghitung biaya tenaga untuk perpustakaan, maka pustakawan sekolah
perlu dilibatkan. Jumlah uang yang tersedia untuk ketenagaanberkaitan
erat dengan isupenting, seperti berapa lama jam buka perpustakaan dapat
diselenggarakan dan standar serta bentuk layanan yang dapat diberikan.
Proyek khusus dan perkembangan lainnyaseperti kebutuhan rak baru
memerlukan permintaan anggaran tersendiri.
Penggunaan
anggaran harus direncanakan secara cermatuntuk keperluan setahun serta
berkaitan dengan kerangka kerja kebijakan. Laporan tahunan hebdaknya
dapat memberikan gambaran bagaimanaanggaran telah digunakan serta
kejelasan apakah jumlah uang yang digunakan untuk perpustakaan telah
mencukupi untuk tugas perpustakaan sertamencapai sasarankebijakan.
Pustakawan sekolah harus mengetahui secara jelas pentingnya anggaran yang cukup untuk perpustakaan,
dan perlu menyampaikan ke manajemen senior karena perpustakaan melayani
seluruh komunitas sekolah. Untuk meningkatkan anggaran perpustakaan
sekolah, berikut ini perlu menjadi bahan pertimbangan:
•besarantenaga perpustakaan sekolah dan koleksi perpustakaan dapat dijadikan tolok ukur pencapaian akademik
•murid
yangmencapainilai lebih tinggi dari standar ujian pada umumnya berasal
dari sekolah yang mempunyai tenaga perpustakaan, buku dan terbitan
berkala/majalah dan bahan pandang-dengar yang lebih banyak dibandingkan
sekolah lainnya, tanpa memandangfaktor lain seperti faktorekonomi.
0 komentar — Skip to Comment
Posting Komentar — or Back to Content