tenaga perpustakaan
Tenaga Perpustakaan
Kekayaan
dankualitas penyelenggaraan perpustakaan tergantung pada sumberdaya
tenaga yang tersedia di dalam dan di luar perpustakaan sekolah. Karena
alasan inilah, maka amatlah penting bagi perpustakaan sekolah memiliki
tenaga berpendidikan serta bermotivasi tinggi,jumlahnya mencukupi sesuai
dengan ukuran sekolah dan kebutuhan
khusussekolahmenyangkutjasaperpustakaan. Pengertian “tenaga”,dalam
konteks ini,adalah pustakawan dan asisten pustakawan berkualifikasi. Di
samping itu, mungkin masih ada tenaga penunjang,seperti para guru,
teknisi, orang tua murid dan berbagai jenisrelawan. Pustakawan sekolah
hendaknyamemiliki pendidikanprofesional dan
berkualifikasi,
dengan pelatihantambahandi bidang teori pendidikan dan metodologi
pembelajaran.Salah satu tujuan utama manajemen tenagaperpustakaan
sekolah ialah agar semua anggota stafharus memiliki pemahaman yang jelas
mengenai kebijakan jasa perpustakaan, tugas dan tanggung jawab yang
jelas, kondisi peraturan yang sesuaimenyangkut pekerjaan dan gaji yang
kompetitifyang mencerminkan profesionalisme pekerjaan.
Sukarelawan hendaknya tidak dipekerjakan sebagai pengganti tenaga yang digaji,
melainkandapat bekerja sebagai tenaga pendukung berdasarkan kontrakyang
memberikan
kerangka kerja formal untuk keterlibatan mereka dalam berbagai
aktivitas perpustakaan sekolah. Konsultan tingkat lokaldannasional dapat
digunakan sebagai penasehat luar menyangkut berbagai masalah yang
berkaitan dengan pengembangan layanan perpustakaan sekolah.
0 komentar — Skip to Comment
Posting Komentar — or Back to Content